Thursday 4 June 2015

Puisi tentang Kehidupan, Diam

Puisi tentang Kehidupan, Diam - Karya puisi memang bisa menggambarkan mengenai tema apa, tidak harus melulu tentang cinta. Salah satu tema yang cukup bagus untuk bahan renungan adalah tema tentang kehidupan seperti pada puisi terbaru yang akan segera kita baca. Puisi ini adalah puisi yang menggambarkan kehidupan yang sulit. Pada puisi ini digambarkan bahwa masyarakat memiliki kesulitan ekonomi yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari - hari.

Dilihat dari seluruh rangkaian yang ada sepertinya jelas sekali bahwa ada yang patut dipersalahkan dengan adanya keadaan sulit tersebut. Kalimat pertama pada bait pertama, "hey, lihat mereka", mesti tidak ada tanda seru sekalipun nada tinggi itu sengaja diucapkan kepada mereka yang dianggap bertanggungjawab atas keadaan buruk yang ada. Pada puisi yang terdiri dari 5 bait ini jelas sekali bahwa pesan moralnya adalah untuk mengingatkan para pemimpin untuk memperhatikan masyarakat.

Puisi kehidupan singkat ini ditulis dalam bentuk dan susunan kalimat yang cukup menarik, sederhana dan juga mudah dimengerti. Untuk itu puisi yang berjudul "diam" tersebut cocok sekali untuk kita baca baik sebagai hiburan maupun sebagai bahan belajar. Dari pada penasaran mari kita nikmati langsung puisi tersebut!

Puisi tentang Kehidupan, Diam
Oleh Ahmad Tubagus

Hey, lihatlah mereka
Lihat dengan mata kepala kalian
Mereka diam bukan karena alasan
Lihat air mata yang jatuh dari matanya

Air mata itu seolah mengatakan
Bahwa perut yang kosong memaksa jatuhnya air mata
Dan rintihan suara anak itu

Apa yang dilakukan para petinggi kita
Mereka hanya diam
Diam, diam, dan diam

Katanya negeri kita negeri yang subur
Tapi apa?
Kelaparan melanda negeri kita
Kemiskinan merajalela

Malam yang indah
Menjadi gelap tiada berbintang
Bagi mereka
Kuatkan hatimu, Saudaraku….