Tuesday 3 November 2015

Contoh Puisi tentang Membaca 1 Bait

Contoh Puisi tentang Membaca 1 Bait - Yang berikut ini merupakan karya hasil belajar dari penulis yang mencoba membuat sebuah puisi singkat yang hanya terdiri dari satu bait saja. Awalnya, puisi 1 bait ini ingin dibuat seperti yang umum yaitu terdiri dari 4 larik atau baris namun setelah dipandang-pandang terlalu singkat jadi diputuskan untuk membuatnya lebih panjang.

Sedangkan untuk temanya, seperti terlihat dalam judul di atas puisi kita kali ini adalah sebuah puisi tentang membaca. Jadi bisa dikatakan puisi ini masuk dalam kategori puisi pendidikan. Agar tidak terlalu singkat maka akan diberikan dua judul langsung untuk dibaca dan dipelajari. Keduanya ditulis dengan bahasa yang sama-sama sederhana dengan susunan yang tidak rumit. Jika kurang bagus harap dimaklumi ya, soalnya masih belajar. Sebelum itu jangan lupa baca juga karya berikut!

1) Puisi cinta di tepian pantai cinta
2) Puisi teknologi, belanja aman katanya
3) Contoh puisi penyesalan untuk ayah
4) Puisi sedih hadir bayangannya

Contoh puisi 1 bait yang pertama berjudul "membaca banyak guna". Puisi tersebut akan memberikan gambaran kepada kita tentang berbagai manfaat atau kegunaan membaca. Pada contoh kedua kita akan mendapatkan gambaran mengenai pentingnya membaca yaitu membaca di ibaratkan sebaga jendela dunia. Supaya tidak terlalu lama basa-basi mari kita baca langsung kedua contoh puisi tentang membaca tersebut di bawah ini.

Membaca Banyak Guna
Puisi tentang membaca

Membaca jendela dunia
Ya memang begitu adanya
Banyak membaca banyak tahu
Punya ilmu jadi tambah maju
Biasa membaca tidak canggung dunia
Wawasan luas jadi tambah ilmu
Maka kita harus membaca
Terang jendela hidup lalu
Mulai dari yang asyik
Baca hal menarik
Terbiasa agar terdidik
Membuat hidup jadi menarik

Membaca Jendela Dunia
Puisi 1 bait tentang membaca

Tahu isi dunia
Bisa membaca
Tahu kemudahan dunia
Bisa membaca
Tahu mana saja
Bisa dari membaca
Membaca jendela dunia
Membaca Gudangnya Ilmu

Itu saja untuk contoh puisi tentang membaca 1 bait kali ini. Mudah-mudahan contoh tersebut berkenan di hati pembaca. Jika masih kurang dengan contoh tersebut silahkan baca juga beberapa contoh puisi lain yang sudah disiapkan di bagian akhir tulisan ini. Itu saja, selamat membaca!