Wednesday 11 November 2015

Puisi tentang Pekerjaan Terbaru, Seorang Pengemis

Puisi tentang Pekerjaan Terbaru, Seorang Pengemis - biar sedikit aneh namun puisi bertema pekerjaan yang satu ini juga bisa menjadi hiburan dan bahan bacaan. Puisi kali ini juga bisa dijadikan bahan motivasi dan renungan yang memberikan nasehat dan pesan moral. Merupakan salah satu koleksi puisi 5 bait singkat, puisi berjudul "seorang pengemis" ini bisa dijadikan bahan analisis puisi. Sebagai gambaran, kita bisa membuat contoh analisis puisi yang menjelaskan bagaimana unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik yang ada dalam karya tersebut.

Puisi singkat terbaru ini - seperti berbagai karya yang lain - juga disusun dengan pilihan kata dan untaian kalimat yang sangat sederhana hingga mudah dimengerti. Pesan moral di dalamnya layak untuk direnungkan dan bisa menjadi bahan kajian. "Seorang Pengemis" merupakan karya puisi yang termasuk kedalam kategori puisi kehidupan sehari-hari. Mau tahu bagaimana Puisi tentang Pekerjaan Terbaru judul Seorang Pengemis tersebut? Mari kita baca langsung puisi tersebut di bawah ini.

Seorang Pengemis
Puisi Terbaru Singkat

Badan kumuh tangan menadah
Terduduk seolah tak berdaya
Meminta belas kasihan singgah
Agar bisa tambah kaya

Pengemis luar biasa
Mampu memiliki harta
Penghasilan berjuta
Siapa sangka dia pendosa

Menghinakan diri dikasihani
Menipu pandangan mata
Di kampung rumah ditempati
Sudah bak istana

Salahkan dia berpura
Menipu sulit mencari kerja
Ternyata kini berpunya
Berkat dermawan tak buka mata

Sementara di bantaran kali
Banyak penduduk hanya meratap
Menyesali yang terjadi
Karna nasib tiada dianggap
Tag: Puisi Kehidupan, Puisi 5 Bait

Tidak terlalu bagus mungkin, tapi Puisi tentang Pekerjaan Terbaru tersebut bisa menjadi tambahan kumpulan puisi yang sudah ada. Jangan lupa, jika berkenan mohon bagikan juga karya ini kepada rekan lain yang membutuhkan dengan membagikannya di media sosial seperti facebook atau twitter. Semoga berbagai karya puisi sederhana yang diberikan bermanfaat bagi semua.