Friday 4 December 2015

Puisi Terbaru tentang Lingkungan, Tanah yang Gersang

Puisi Terbaru tentang Lingkungan, Tanah yang Gersang - puisi pendek kali ini masih mengambil tema lingkungan. Pada karya ini digambarkan secara jelas akibat dari keserakahan dan ketamakan manusia terhadap alam dan lingkungan sekitar. Kecerobohan dalam mengelola alam semesta digambarkan memberikan dampak yang sangat buruk. Tanah yang tadinya subur untuk ditanami kini menjadi gersang dan tak layak. 

Bukan hanya itu, bahkan dari tangan-tangan mereka yang tak bertanggung jawab maka muncullah potensi bencana yang kian besar. Begitulah gambaran yang diberikan dalam puisi tema lingkungan yang cukup singkat tersebut. Karya puisi singkat terbaru ini benar-benar memberikan pelajaran dan nasehat yang sangat berharga bagi umat manusia. 


Puisi singkat yang berjudul "tanah yang gersang" tersebut merupakan puisi 3 bait yang hanya terdiri dari 3 bait puisi singkat. Pada bait pertama puisi ini dibuka dengan empat larik untaian kata. Bait kedua terdiri dari 3 baris dan bait terakhir terdiri dai 4 larik. Lebih jelas mengenai karya ini mari kita baca bersama karya tersebut selengkapnya di bawah ini.

Tanah yang Gersang
Kumpulan Puisi Terbaru

Lihatlah tanah yang gersang
Hanya ada tumbuh ilalang
Tiada rindang menghadang
Tiada bisa bercocok tanam berladang

Tanah gersang jadi penghalang
Tanam tumbuh tiada peluang
Tapi bencana kian menghadang

Akibat serakah tanah gersang
Akibat ceroboh alam meradang
Kini bencana makin berpeluang
Gagal panen kelaparan menghadang

Karena sangat singkat maka karya yang satu ini sangat cocok untuk bahan hiburan dan juga bahan belajar puisi. Puisi ini dapat digunakan untuk latihan parafrase puisi, analisis unsur instrinsik puisi dan juga analisis unsur ekstrinsiknya juga. Diharapkan dengan adanya tambahan karya tersebut para penikmat puisi bisa lebih bersemangat dalam menelurkan karya-karya puisi indah dan penuh makna. Itu saja, silahkan lanjut ke beberapa judul lain di bagian bawah.