Thursday 24 December 2015

Contoh Puisi Terbaru tentang Pekerjaan

Contoh Puisi tentang Pekerjaan - misi dari adanya situs ini adalah memberikan sebanyak mungkin karya - karya puisi sederhana yang bermanfaat bagi pembaca. Maka dari itu puisi yang dibagikan disini bukan hanya puisi yang bertema terkenal dan populer namun akan ada banyak juga puisi tema lain. Lebih jauh, nantinya puisi yang sudah dibaca juga akan dikaji dan di analisis lebih jauh agar memberikan nilai edukasi bagi kita semua. 

Ditinjau dari sudut pandang penulis maka puisi memang bisa memuat berbagai macam tema mulai dari tema percintaan yang digandrungi remaja, tema religius, perjuangan dan berbagai tema lain tentang kehidupan. Salah satu tema yang juga tak luput dari perhatian penulis adalah tema kehidupan khususnya puisi tentang pekerjaan yang segera akan kita baca nanti. Puisi tema ini juga sebenarnya bisa memberikan manfaat bagi pembaca sekaligus sebagai bahan hiburan.

Karya yang bertemakan kehidupan tentu saja akan berbeda dengan karya lain dengan tema pendidikan misalnya. Karya puisi tentang hidup biasanya banyak menggambarkan perjalanan hidup, motivasi hidup dan juga hal lain yang berkaitan dengan kehidupan yang dialami penulis. Bisa saja puisi seperti ini merefleksikan kehidupan orang lain sebagai sindiran dan sebagainya. 

Untuk karya yang akan kita baca ini, "sulitnya mencari pekerjaan" dapat dikategorikan ke dalam puisi 8 bait singkat yang mengangkat seputar kehidupan nyata. Karya berikut bisa menjadi bentuk sindiran bagi orang-orang tertentu dan juga bisa sebagai motivator juga. Yang jelas puisi singkat terbaru tentang kerja tersebut layak dijadikan bahan bacaan bagi kita semua. Seperti apa isinya, mari kita baca langsung di bawah ini.

Sulitnya Mencari Pekerjaan
Kumpulan Puisi Terbaru

Sekolah rajin, sudah pasti
Cita-citanya ingin jadi general manager
Berangkat pagi pulang sore hari
Belajar, mengerjakan tugas, semua di kejar

Waktu kuliah penuh semangat
Ingatnya ingin jadi bos atau pejabat
Siang malam di kampus tak peduli mandi keringat
Demi mimpi menjadi terhormat

Lulus, selebrasi, menyandang gelar baru
Pengangguran, sarjana pengangguran tepatnya
Hati mulai gelisah, kekasih ingin menikah buru-buru
Mulanya semangat tapi akhirnya tak berdaya

Ternyata,
Menggapai mimpi itu susah
Ternyata,
Mencari pekerjaan itu payah

Maklum masih baru
Banyak yang belum percaya dan ragu
Hampir semua orang, tak terkecuali juga kamu
Pengusaha, pemilik usaha, bos, memandang sambil lalu

Seribu lamaran sudah
Tak ada yang diterima
Klise, tak ada pengalamanlah
Bahkan sekedar untuk wawancara

Mereka seolah berteriak di telinga
Layaknya tak mampu bekerja
Tak ada pengalaman ucapnya
Tak sadar apa ulah dia

Kami tak miliki pengalaman kerja
Kalian penyebabnya
Kami tak punya pengalaman kerja
Kalian tak sudi mempekerjakan kami semua

Pada akhirnya bagaimanapun penilaian akhir sebuah karya sastra akan jatuh ditangan pembaca. Maka dari itu bagus tidaknya puisi ini juga akan tergantung kepada siapa yang menikmatinya. Yang pasti diharapkan Contoh Puisi Terbaru tentang Pekerjaan tersebut bisa menjadi bahan bacaan yang bermanfaat bagi pengunjung semua. Itu saja, silahkan dilanjutkan dengan beberapa syair lain dibawah ini.

Tag: Puisi Sindiran, Puisi 8 Bait, Puisi Kehidupan