Thursday 21 April 2016

Puisi tentang Pelajaran, Segudang Tugas

Ada yang sedang mencari Puisi tentang Pelajaran tidak? Kalau ada kebetulan saya akan memberikan satu lagi koleksi puisi sederhana buatan sendiri dengan judul "Segudang Tugas". Puisi berikut ini merupakan puisi yang cukup sederhana dan juga cukup singkat. Puisi ini hanya terdiri dari 6 bait dan bahasa yang digunakan pun mudah dimengerti. Isinya menggambarkan sesuai pada judul yang diberikan. Bagi yang memang sedang mencari contoh puisi seperti ini bisa langsung membacanya di bawah.

Ya bisa dikatakan karya yang satu ini menggambarkan jerit hati atau perasaan yang dimiliki oleh pelajar yang ternyata beban belajarnya cukup berat. Meski memang sudah tugasnya sebagai seorang pelajar namun kadang jika dilihat memang merasa kasihan, bisa dibayangkan, untuk satu pelajaran satu tugas saja mereka sudah harus berjibaku dengan waktu untuk menyelesaikan semua tugas yang diberikan.

Tidak ada salahnya juga bukan mengangkat sesuatu yang terasa berat menjadi sebuah bahan bacaan yang lebih menghibur. Biasanya kalau kita berbicara mengenai tugas di sekolah tentu pusing dan mungkin malas. Tetapi tentu tidak demikian jika kita berbicara mengenai puisi, meski temanya tentang pelajaran. Puisi berikut ini diharapkan mampu melengkapi berbagai koleksi yang sudah ada sebelumnya.

1) Puisi pelajaran matematika
2) Puisi pelajaran ips
3) Puisi tentang pelajaran kimia
4) Puisi tentang pelajaran fisika
5) Kumpulan puisi pendidikan pendek
6) Puisi pendidikan chairil anwar
7) Kumpulan puisi sekolah

Kita bukan hendak membahas mengenai beban siswa atau masalah tugas sekolah namun yang kita bahas sekaranga dalah sebuah karya yang bisa dikatakan sebagai puisi yang menggambarkan keadaan siswa tersebut. Dari pada penasaran bagaimana bentuk puisi tersebut lebih baik kita baca saja langsung puisi tema pelajaran tersebut di bawah ini.

Segudang Tugas
Contoh puisi tentang pelajaran

Kadang stress jadi pelajar
Di sekolah belajar
Di rumah belajar
Minggu pun belajar

Belajarnya tak begitu masalah
Tapi jika ada yang susah putus asa rasanya
Apalagi jika tidak bisa, tak boleh nyerah
Terus mencoba, galau nya

Itu belum semua
Ada beban lain di bawa
Latihan pekerjaan rumah diterima
Tak tahu batas nalar kami semua

Coba hitung saja
Di sekolah ada berapa pelajaran
Satu pelajaran satu PR saja
Jumlah tugasnya tak karuan

Kami dituntut mengerti
Tak pernah di puji
Dituntut mampu, tak pernah di arti
Bak kerbau harus menuruti

Selalu segudang tugas
Tahukah kami frustrasi
Selalu harus selesai, haruskah kami memelas
Mengemis dimengerti atas keterbatasan kami

Selain puisi yang berjudul "segudang tugas" di atas tentu saja masih banyak lagi puisi-puisi lain yang bisa kita nikmati. Di situs khusus puisi ini ada banyak sekali puisi tentang pendidikan yang merupakan karya-karya sederhana untuk bahan bacaan kita semua. Beberapa puisi tersebut ada yang merupakan puisi tentang pelajaran matematika, puisi tentang pelajaran kimia, puisi tentang pelajaran ips dan banyak lagi puisi - puisi lain dari berbagai mata pelajaran di sekolah.

Beberapa hari lalu saya juga sempat diminta oleh saudara yang masih kecil untuk mencarikan atau membuatkan sebuah puisi dengan beberapa pilihan tema. Pertama ia minta dibuatkan puisi tentang pelajaran fisika atau puisi tentang lingkungan sekolah. Ada - ada saja memang tapi begitulah, selain sebagai hiburan karya puisi memang banyak digunakan sebagai bahan belajar. 

Ya sudah, sekedar mengingatkan, jika ada rekan yang ingin mengirimkan puisi bisa melalui halaman contact agar puisi-nya bisa dibaca oleh orang lain. Itu saja, mudah-mudahan bisa menjadi tambahan bahan bacaan bagi kita semua.