Friday 22 April 2016

Pantun Perpisahan Sekolah, Mari Tetap Melangkah

Pantun Perpisahan Sekolah, Mari Tetap Melangkah - Menjelang acara perpisahan di sekolah biasanya kita akan sibuk dengan berbagai persiapan. Apalagi kita yang akan lulus, pasti banyak hal yang perlu dipersiapkan seperti misalnya membuat pantun atau puisi untuk dibaca di acara tersebut. Sebenarnya kita bisa membuat sendiri pantun yang dibutuhkan namun kadang kala kita tidak sempat.

Tidak apa-apa jika kita tidak sempat membuat karya pantun sendiri. Kita juga bisa memanfaatkan contoh pantun perpisahan yang banyak dibagikan di situs online di internet. Salah satunya adalah yang banyak dibagikan di situs ini. Di situs ini sudah banyak dibagiakan berbagai contoh pantun yang mungkin sesuai. Salah satu contohnya yang akan segera kita baca kali ini.

Berkaitan dengan pantun, kita dapat menjadikan pantun sebagai sebuah kata perpisahan yang menyentuh hati tetapi juga menarik. Pantun selain dapat memberikan hiburan juga dapat dijadikan sarana berbagi nasehat dan saling mengingatkan. Ada banyak pantun yang bisa kita siapkan, mulai dari temanya, tujuannya untuk siapa dan seterusnya. Beberapa yang bisa kita buat misalnya sebagai berikut!

1) Pantun perpisahan sekolah dasar
2) Berbalas pantun perpisahan sekolah
3) Pantun perpisahan lucu
4) Puisi perpisahan sekolah
5) Pantun perpisahan teman
6) Pantun perpisahan guru dengan murid

Bagi yang akan lulus SD bisa membuatkan pantun-pantun khusus untuk sekolah dasar, begitupun dengan yang sekolah SMP atau SMA, sama saja. Selain itu bisa dipilih juga untuk membuat pantun berdasarkan tema misalnya pantun yang lucu, pantun nasehat dan lain sebagainya. Pantun yang dibuat nantinya bisa untuk teman sekolah, sahabat atau bahkan untuk bapak dan ibu guru dan bisa dibacakan saat acara perpisahan.

Banyak bukan, ya kita bisa membuat untaian kata-kata penuh makna tersebut sesuai kebutuhan kita masing-masing. Nah, bagi yang memang sedang mencari karya-karya pantun baik untuk contoh atau pun untuk dibaca di acara tersebut bisa melihat salah satu karya berikut. Berikut ini beberapa contoh pantun yang cukup bagus, silahkan dibaca!

Pantun Perpisahan Sekolah
Mari Tetap Melangkah

Petani ke sawah menanam padi
Padi ditanam menguning tua
Meski mungkin tiada dinanti
Perpisahan kini di depan mata

Sabtu ini kita bersama
Bertemu, berkumpul dan berpesta
Para guru, kawan semua
Do’akan kami lulus semua

Sabtu ini tak perlu berduka
Mari semua kita gembira
Bapak ibu guru tercinta
Maafkan salah kami yang ada

Wanita cantik dimana-mana
Membawa senyum penuh ceria
Wahai adik kelas tercinta
Do’akan kakak sukses semua

Kayu diambil dengan gergaji
Geraji tumpul membelah bumi
Bapak/ibu dan adik kami
Jangan tangisi perpisahan ini

Layang kertas tak kunjung terbang
Terbang sekali jatuh akhirnya
Adik kelas ku tersayang
Jaga diri kalian semua

Tungku tak hidup dicari kayu
Jangan kayu dibuat sadel
Pesan kami adik kelasku
Jangan nakal jangan bandel

Ada sungai ada buaya
Dimaka buaya ikan terlepas
Anda adik dan kami semua
Lanjutkan langkah terus ke atas

Bagaimana, lumayan bagus bukan pantun perpisahan sekolah di atas? Ya, jangan kecewa dong, itu kan hanya contoh pantun saja yang bisa kita pelajari atau kita gunakan di acara nanti. Kalau kira-kira tidak pas dan tidak sesuai keinginan ya kita bisa membuat sendiri yang lebih bagus. Intinya di acara perpisahan nanti ada yang berkesan baik untuk kita, adik-adik kelas kita maupun bapak dan ibu guru semua.

Semoga perpisahan ini berjalan lancar dan menjadi langkah baru kesuksesan kita semua. Kalau masih ingin melihat contoh lain silahkan baca juga beberapa pantun yang sudah disiapkan dibagian bawah tulisan ini. Masih ada beberapa pantun menarik lain yang pendek dan cukup bagus untuk dibaca di perpisahan nanti.