Tuesday 9 June 2015

Contoh Puisi tentang Ibu

Puisi tentang Ibu - Salah satu tema puisi yang banyak kita butuhkan biasanya adalah puisi yang membahas mengenai orang-orang terkasih dimulai dari orang tua, keluarga sampai dengan pacar atau sahabat. Kalau yang ini merupakan karya yang berisi tentang keluarga atau orang tua khususnya ibu. Wajar saja, ibu memang pasti akan menjadi sosok yang sangat berarti bagi siapapun kecuali untuk mereka yang durhaka. Untuk kita semua penggemar puisi, berikut akan ada sebuah koleksi puisi yang bisa kita nikmati bersama.

Dari segi isi, tema atau pembahasan, puisi ibu memiliki tema yang lebih beragam. Ada yang menggambarkan besarnya kasih sayang seorang ibu, ada yang menggambarkan keikhlasan ibu, pengorbanan dan lain sebagainya. Koleksi yang kita miliki ini mudah-mudahan bisa mencakup berbagai hal yang mengagumkan dalam diri seorang ibu.

Dalam pembahasan ini setidaknya ada dua hal yang akan kita bahas, pertama yaitu kita akan membahas sekilas mengenai sebuah kumpulan puisi yang secara khusus membahas tentang seorang ibu. Kedua akan ada contoh puisi ibu yang akan langsung bisa kita baca dan kita renungkan. Dengan begitu selain bisa langsung mendapatkan puisi yang dibutuhkan kita juga bisa memilih berbagai judul lain untuk puisi ibu terlengkap yang ada di website ini.

Kumpulan Puisi Pendek tentang Ibu

Seperti telah disampaikan, pada bagian pertama ini akan disertakan sebuah kumpulan atau koleksi puisi dengan tema ibu. Diharapkan dengan disertakannya koleksi tersebut kita semua yang sedang mencari puisi dengan tema ini bisa lebih mudah dan lebih cepat mendapatkannya.

Tentu saja di dalam koleksi tersebut tidak hanya satu dua puisi saja. Disini akan ada banyak sekali puisi seperti ini yang mengangkat sisi kehidupan seseorang yang disebut ibu. Puisinya bisa berisi dari berbagai sudut pandang baik itu dari sudut pandang sebagai anak, sebagai suami, sebagai ibu, sebagai cucu dan lain sebagainya. Mudah-mudahan bisa se-lengkap yang kita butuhkan jadi tidak perlu repot dan pusing menjadi di tempat lain. Kumpulan puisi tersebut selengkapnya sebagai berikut!
  1. Puisi terbaru ibu janganlah bersedih
  2. Puisi tentang orang tua ayah dan ibu
  3. Puisi pendek tentang ibu
  4. Puisi tentang guru
  5. Puisi tentang kasih ibu
  6. Puisi tentang ayah
  7. Puisi tentang ibu dan ayah
  8. Puisi tentang ibu kartini
  9. Puisi tentang ibu guru
  10. Contoh puisi tentang ibu

Semakin hari daftar di atas bisa dipastikan akan semakin lengkap karena berbagai karya yang sudah ada akan selalu ditambah. Suatu saat, jika memang sudah tidak memungkinkan untuk menyertakan semua daftar yang ada maka kita bisa langsung mencarinya di penelusuran. Bagi yang ingin mencari sesuai dengan kebutuhan silahkan cek dari tautan yang ada di atas.

Contoh Puisi Ibu Terbaru

Tidak lucu jika judul di atas saja sudah tentang contoh puisi ibu namun tidak ada satu pun puisi yang bisa dibaca. Maka dari itu berikut ini ada satu judul puisi yang bisa langsung kita nikmati. Puisi ini bertema ibu dengan judul "terima kasih ibu". Puisinya cukup singkat dan bahasa yang digunakan tidak rumit dan berbelit. Pokoknya puisi ini bagus dan bisa juga kita gunakan untuk belajar.

Contoh Puisi tentang Ibu


Puisi ini terdiri dari 4 bait jadi dapat dikatakan sebagai puisi ibu 4 bait. Sebagai oleh-oleh mari kita baca langsung karya tersebut. Mudah-mudahan kita bisa merenungkan apa pesan yang ingin disampaikan penulis dalam puisi ini. 

Terima Kasih Ibu
Oleh Muh. Abdul Farid

Ibu,
Aku bisu
Aku tak mampu bicara
Aku tak pernah bisa berkata
Ketika ku harus menjawab
Apa yang telah ku lakukan untukmu?
Ibu,
Mahalnya berlian takkan mampu membayar jasamu
Indahnya pelangi tak seindah kasih sayangmu
Engkau bak Sang Surya
Tak henti menyinari kehidupan
Engkau bagai pelita
Menyinariku di kala gelap membelenggu
Ibu,
Tak ada selain dirimu
Yang menyinariku sepanjang masa
Kau kobarkan semuanya
Waktumu, tenagamu, bahkan jiwa ragamu
Kau relakan demi buah hatimu
Ibu,
Ucapan terima kasihku tak terhingga untukmu
Atas kasih dan sayangmu
I love you, Mom.